Komikus Shojo Nozaki Vol. 1

Judul: Komikus Shojo Nozaki Vol. 1 
Penulis: Izumi Tsubaki
Penerjemah: Anindhita Ragia
Penerbit: Elex Media Komputindo
Cetakan: Pertama, Maret 2015
Tebal:  154 hlm
Bintang: 4/5


Koplak. Temanya tentang perjuangan komikus, sama dengan Bakuman, tapi Shojo Nozaki diceritakan dengan mengambil sisi lucu. Bedanya dengan Bakuman, Shojo sudah menjadi komikus komik shojo, yaitu komik cewek yang selalu ditunggu-tunggu oleh editor dan pembacanya. Proses pembuatan komik serta pencarian dan riset karakter menjadi latar kelucuan-kelucuannya. Meski gak semuanya, beberapa komik dengan format 4 kotak per halaman ini ternyata berhasil membuat tertawa.

Awalnya, Chiyo Sakura yang naksir dengan Nozaki memutuskan untuk menyatakan cintanya. Tapi dengan lempengnya Nozaki malah menyodorinya dengan tanda tangan sekaligus menjerumuskan Chiyo menjadi tukang beta (pemberian warna hitam pada rambut atau pakaian) komiknya. Berbeda dengan karakter dalam komiknya yang melankolis dan romantis, Nozaki adalah pria bertampang lempeng tanpa perasaan, membuat Chiyo kadang putus harapan dengan perasaannya.

Karakter lainnya, yang aneh-aneh adalah Mikoshiba, tukang gambar latar komik Nozaki yang selalu grogi saat berhadapan dengan perempuan, padahal tampangnya layak jadi pujaan. Gaya dan narsisnya selangit saat bicara tapi ketakutan begitu dikerumuni cewek-cewek. Pastinya ada ‘ilmu’ komikus di dalam komik ini meski dikemas dengan komedi yang kocak.

Semoga seri-seri selanjutnya tidak monoton atau membosankan.

Comments